Minggu, 05 Agustus 2012

cara bermain catur cina (Xiang Qi)

Xiang Qi meripakan sejenis permainan catur cina (chinese chess).Konon kabarnya  permainan ini lahir karena sesuai dengan sejarah cina yang berkaitan dengan pertempuran antara Liu Bang dan Xiang Yu. Xiangqi merupakan salah satu permainan papan yang paling popular di dunia. Ciri-ciri yang unik termasuklah pergerakan unik pao (meriam), peraturan yang melarang panglima (seperti "raja" dalam catur antarabangsa) daripada bertemu dalam garisan yang sama, serta "sungai" dan "istana" yang mengehadkan pergerakan sesetengah buah catur.

Papan berserta bidak yang digunakan sebagai berikut:

 

 

Jiang / Shuai (Jendral) berfungsi sebagai Raja

Bidak Raja hanya bisa berjalan di dalam 4 kotak dengan garis miring yang saling bersilangan, dengan dilindungi oleh 2 penasehat

Cara menggerakannya adalah hanya bisa digerakan 1 langkah, baik itu ke kiri, kanan, atas, atau bawah, dan tidak bisa diagonal.

Shi (Penasehat)

Bidak Penasehat sama hal nya dengan bidak raja, hanya bisa berjalan di dalam lingkungan 4 kotak tersebut, dengan catatan cara menggerakannya adalah 1 langkah diagonal seprti dibawah ini

 Xiang (Gajah / Mentri)

Bidak Gajah ini pola geraknya juga mirip bidak Menteri pada catur biasa, yaitu berjalan secara diagonal. Bedanya, bidak gajah ini hanya bisa berjalan 4 kotak saja secara diagonal dan tidak boleh melewati sungai(pembatas) / tidak boleh memasuki wilayah musuh.

Ma (Kuda)

Bidak Kuda ini pola geraknya juga mirip bidak Kuda pada catur biasa, yaitu berjalan dengan langkah menyerupai huruf L. Tetapi ada perbedaan yang signifikan, yaitu bidak kuda pada xiang qi tidak bisa bergerak bila ada 1 bidak di depannya, seperti dibawah ini:

 atau bisa juga

Ju (Benteng)

Bidak Benteng ini pola geraknya sama persis dengan bidak Benteng yang ada pada catur biasa, yaitu bergerak dan membunuh musuh dengan langkah horizontal / vertikal.

Pao (Meriam)

Bidak ini paling istimewa di Xiang Qi, karena tidak ada pada catur biasa. Bidak ini digerakan menyerupai bidak benteng, yaitu bergerak dengan langkah horizontal / vertikal. Tetapi membunuh musuh dengan melompati 1 bidak lain(baik bidak kawan / lawan) dan menuju bidak target. Gerakanya seperti ini:

atau contoh skak oleh bidak meriam (kebetulan skak mat)

Ping/Zu (Prajurit)

Bidak prajurit ini cara bergeraknya adalah satu langkah ke depan. Dan ketika memasuki area musuh (setelah menyebrangi sungai), bidak prajurit ini bisa bergerak secara horizontal (ke kiri dan ke kanan). Cara membunuh sama juga dengan dengan cara bergeraknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar